Pantai Talise

0
26

Pantai Talise terletak 2 km sebelah utara Kota Palu, ini adalah salah satu tempat wisata utama di Kabupaten Palu Timur. Pantai ini adalah tempat wisata utama di Kota Palu setelah Istana Pusat Sulawesi. Pantai ini membentang dari Kota Palu ke Kabupaten Donggala, lebih tepatnya terletak di Jalan Rajamoili dan Jalan Cut Mutia, Kabupaten Palu Timur. Menurut penduduk sekitar daerah ini, nama Talise diambil dari kata Kaili, yang merupakan ketapang, karena di masa lalu, ada banyak pohon ketapang di sekitar pantai ini.

Para wisatawan sangat mudah mencapai Pantai Talise ini. Dari bandara Mutiara, mereka dapat menggunakan kendaraan darat, yang hanya membutuhkan waktu 4 jam. Rute yang akan dilewati oleh para wisatawan pun telah berupa jalan aspal, dan bukan jalan berbatu. Selain rute yang mudah dijangkau, para wisatawan yang mengunjungi pantai ini juga tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Pantai ini melewati kota Palu hingga Donggala, dan memiliki pemandangan yang menakjubkan, serta memiliki panorama yang menampilkan keindahan teluk yang eksotis. Dari pantai Talise ini, para wisatawan juga dapat melihhat keindahan pegunungan Gawalise, yang membuat mereka berdecak kagum. Adapun kegiatan wisata yang dapat dilakukan oleh  para wisatawan adalah: berenang, selancar angin, menyelam, memancing, dan wisata air lainnya.

Ketika malam hari, wisatawan bakal dimanjakan dengan keindahan lampu yang berwarna-warni dari perahu nelayan yang tengah berlayar, dan hembusan angin serta bermacam makanan tradisional khas Palu. Sebagian bermacam makanan yang di jual di Pantai Talise yakni pisang epek, sarabba, pisang goreng, jagung bakar, serta lain sebagainya. Para wisatawan sangat dianjurkan, untuk berwisata ke pantai ini di malam hari, karena suhu udara di Kota Palu sangat panas di siang hari. Angin yang berhembus pun akan terasa panas. Para wisatawan tidak perlu membawa perbekalan makanan, karena di sekitar pantai, banyak penduduk yang menjajakannya, seperti pisang goreng bahkan kopi. Harga pisang goreng yang dijajakan sekitar Rp. 10.000,-, sedangkan teh atau kopi dijajakan dengan harga Rp 4000,- per gelas

Konon, air yang berada di pantai Talise ini berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit, bahkan penyakit stroke. Untuk itu, banyak orang yang dating berkunjung ke daerah ini, tidak hanya untuk berwisata, akan tetapi sebagai usaha untuk menyembuhkan penyakit, dengan cara berendam di air laut.Di kawasan pantai ini, juga terdapat sebuah perkampungan nelayan, yang penduduknya tidak hanya bekerja sebagai nelayan, tetapi juga membuat garam secara tradisional.