Mengenal Kesusastraan Irlandia

0
108

Kesusastraan Irlandia merupakan sastra Irlandia yang terdiri dari tulisan-tulisan Irlandia, Latin, dan Inggris (termasuk bahasa Ulster Scots) di kepulauan Irlandia. Jauh sebelum ada sekolah, penduduk memiliki kebiasaan bercerita. Sastra Irlandia telah dikenal sejak abad ke-8 dan ke-9. Pada saat itu, bentuk karya Sasstra dari Irlandia adalah dalam bentuk romansa dan kisah para pahlawan mereka. Contohnya adalah karya seorang penulis, bernama Ulster Cycle. Dia menceritakan tentang sejarah pahlawan besar Cuchulain. Kumpulan cerita rakyat yang dikenal sebagai Siklus Fenian, yang menceritakan tindakan berani Finn Mac Cool dan serdadu-serdadunya. disebut Fianna. Para penyair memperoleh perlindungan raja pada zaman Gaelik kuno. banyak dari pekerjaan mereka adalah membuat puisi bagi raja dan pemimpin mereka. Namun, mereka juga menulis buku-buku sejarah dan buku-buku yang berkaitan dengan hukum, ilmu kedokteran, dan juga masalah agama. Selama masa-masa sulit karena perang dan penaklukan, nyanyian Irlandia berubah menjadi lagu-lagu sedih. Para penyair, yang dilarang untuk menyanyikan secara terbuka lagu cinta ke tanah air Irlandia, menceritakan kisah seorang ratu bernama Cathleen Ni Houlian, salah satu nama puitis untuk Irlandia.

Irlandia dikenal sebagai sebuah negara yang memiliki identitas yang berbeda dan memiliki  keunikan, serta tradisi sejarah,  daya tarik yang khas. Irlandia juga dapat dikatakan sebagai kawasan wisata yang memiliki daya tarik yang luar biasa. Di negara ini, tidak hanya banyak terdapat wisatawan, tetapi banyak orang yang datang dari segala penjuru negeri untuk menuntut ilmu, pada salaah satu perguruan tinggi satu kota besar seperti Dublin. Uniknya, para pelajar tersebut akan berbaur dengan para turis dan penduduk setempat dengan jumlah yang sama. Sebagai seorang mahasiswa internasional di Irlandia. Selain itu, bila kita datang ke negara ini, maka kita akan disuguhkan adegan musikal Irlandia, tradisi mendongeng yang sangat kaya, mencicipi makanan yang mengundang selera, budaya Gael, dan akan menikmati beragam pemandangan alam subur yang sangat indah.

Walau Irlandia dikenal sebagai negara yang memiliki luas wilayah yang kecil, akan tetapi,negara tersebut telah memberikan banyak andil pada dunia musik dan sastra internasional. Hal yang patut diacungi jempol adalah terdapat empat orang Irlandia pemenang Nobel dalam bidang sastra yang terkenal yaitu William Butler Yeats, George Bernard Shaw, Samuel Beckett dan Seamus Heaney, tiga diantaranya adalah Irish. Sebagai informasi, Irish adalah panggilan bagi orang Irlandia asli.  Bahasa irlandia sendiri merupakan bahasa dengan literature tertua ketiga di Eropa setelah Latin dan Yunani yang secara signifikan tertuang dalam sastra tertulis dalam bahasa Celtic dan Gaelic juga sastra lisan seperti puisi dan legenda cerita rakyatnya.