Pemahaman Air Bersih Penting Bagi Ibu

0
44

Ibu mempunyai peran yang penting sekali dalam sebuah keluarga. Tidak cuma sekedar mengasuh dan mengelola rumah tangga, ibu punya pekerjaan yang lebih besar lagi seperti memastikan kesehatan dan kesejahteraan anggota keluarga.

Mengingat peran ibu yang sangat besar dalam keluarga, Danone Aqua menggelar program pelatihan bertajuk ‘Ibu Bugar, Keluarga Bugar’. Program ini menggandeng Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pusat yang bakal memberikan bekal bagi para ibu supaya menjadi ibu hebat bagi keluarga dan juga masyarakat.

Ketua Umum TP-PKK Pusat dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, mengatakan bahwa program pelatihan ini akan berpusat pada edukasi kesehatan dan keamanan air minum, berikut konsep nutrisi dan hidrasi untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat dan sejahtera.

Selain tersebut, pelatihan lain seperti manajemen keuangan, diskusi kesehatan dengan para pakar kesehatan, dan olahraga bersama juga disediakan untuk menambah keterampilan para ibu.

“Banyak dari kita yang belum menyadari pentingnya peran ibu dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan keluarga maupun lingkungannya. Oleh karena itu, sebagai anggota perpanjangan tangan PKK untuk mencapai target SDGs, kami melihat adanya kebutuhan untuk membekali para ibu dengan edukasi dan keterampilan yang tepat,” ujar Erni saat konferensi pers program ‘Ibu Sehat, Keluarga Sehat’ di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Senin 29 Januari 2018.

Pelatihan ini akan dimulai secara bertahap di 34 provinsi, diawali dengan sepuluh provinsi sebagai fokus awal di tahun 2018. Diharapkan, ada lebih dari 8 juta ibu PKK di seluruh Indonesia pada 2018-2020 yang terjangkau melalui program ini.

Menggunakan metode trainer of trainers, selama 3 tahun ke depan, kader-kader perwakilan masing-masing provinsi bakal mengikuti pembekalan khusus yang diharapkan bisa diturunkan ke kader-kader melalui PAUD dan Posyandu.