Selamat ! Banyuwangi jadi Kota Festival Terbaik

0
37

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama dengan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, hari ini meluncurkan Top 77 Calendar of Event Banyuwangi Indonesia Festival 2018. Dalam kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Sapta Pesona tersebut, Arief telah menetapkan Banyuwangi sebagai kota atau destinasi Festival Terbaik.

Menteri Pariwisata Arief Yahya

“Banyuwangi telah ditetapkan sebagai kota festival terbaik. Sebab festival yang dirancang di Banyuwangi telah memenuhi cultural values, commercial values, konsistensi pelaksanaan, serta berimbas pada penghasilan per kapita,” ungkapnya, Kamis 1 Februari 2018.

Selain itu kata dia, kesiapan unsur 3A-nya (atraksi, amenitas, dan aksibilitas) terutama konektivitas udara dengan digunakannya Bandara Blimbingsari Banyuwangi oleh beberapa maskapai nasional dari Jakarta, Surabaya, dan Bali.

Selain menjadi kota festival terbaik, lanjut dia, Banyuwangi pun tercatat sebagai daerah yang paling banyak menggelar festival selama setahun yaitu sebanyak 77 event. Dengan begitu kata dia, setidaknya akan ada agenda setiap minggunya yang digelar di Banyuwangi.

“Tadinya baru ada 72 event saat ini telah menjadi 77 event,” jelas Arief.

Di sisi lain, Bupati Azwar Anas mengatakan dari 5 event baru yang cukup menarik adalah festival kampung cokelat. Dengan adanya event yang akan diselenggarakan pada 12 Mei mendatang, dirinya berharap paket wisata edukasi pengolahan cokelat bisa dipopulerkan.

“Ada penghasil coklat terbesar dunia namanya glanmor. Sejak zaman Belanda. sayangnya selama ini orang glanmor enggak pernah makan coklat jadilah dibikin kampung coklat. Dan di sana orang bisa makan pisang dalamnya cokelat. Semuanya cokelat,” beber Azwar.