3 Tips Menyapih Anak Tanpa Rewel

0
58

Menurut rekomendasi World Health Organization dan Kementerian Kesehatan RI, waktu yang terbaik untuk memberi ASI adalah sampai anak berusia 6 bulan. Setelah usia anak mencapai 6 bulan pemberian ASI bisa dibarengi dengan memberikan makanan pendamping ASI hingga anak berusia 2 tahun. Walau menyapih anak tanpa ada batasan usia yang tepat tetapi saat anak sudah bisa mengonsumsi makanan yang kasar maka sebaiknya anak mulai disapih. Memang sulit menyapih anak, tidak jarang drama ditimbulkan dalam proses menyapih ini.

Walau menyapih anak tanpa ada batasan usia yang tepat tetapi saat anak sudah bisa mengonsumsi makanan yang kasar maka sebaiknya anak mulai disapih.

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk menyapih anak :

1. Komunikasi yang Baik

Lakukan secara perlahan untuk menyapih anak. Komunikasikan dengan si kecil bahwa dia bakal tumbuh dewasa dan harus mandiri. Mulai dengan memberikannya gelas kegemarannya untuk minum susu. Dengan komunikasi yang baik maka proses menyapih bakal terbebas dari drama.

2. Ubah Kebiasaan Makan Anak

Pastikan ibu bangun lebih terlebih dahulu kalau ibu berbagi tempat tidur dengan si kecil. Siapkan makanan padat yang bergizi dan favoritnya. Sehingga saat ia bangun segera berikan makanan tersebut. Hal ini membantu si kecil supaya tidak tergantung pada ASI.

3. Ketahui Waktu yang Tepat

Setiap anak mempunyai waktu yang berbeda untuk bisa menerima tidak diberikan ASI. Walaupun usia 6 bulan idealnya anak telah menerima makanan padat, tapi beberapa kasus anak belum bisa menerimanya. Kalau ibu mengalami hal ini pastikan ketahui kapan waktu yang tepat untuk menyapih si kecil sehingga prosesnya berjalan secara alami.

Selain tiga cara di atas, biarkan si kecil bermain dengan temannya. Memberikan waktu bermain untuk si kecil bakal membuatnya lupa untuk menyusu. Dan pastikan ibu tidak memberikan tekanan kepada si kecil untuk bersedia disapih, bantu ia untuk menjalani proses ini secara alami.