Ketua DPR: Optimistis PKH dan Rastra Efektif Turunkan Angka Kemiskinan

0
24

Ketua DPR Bambang Soesatyo optimistis bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan beras untuk keluarga sejahtera (Rastra) sangat efektif menurunkan angka kemiskinan dan ketimpangan sosial.

Ketua DPR Bambang Soesatyo

Hal tersebut menurutnya sudah terbukti berdasar temuan Badan Pusat Statistik (BPS). BPS menunjukkan angka kemiskinan pada 2016 mencapai 27,77 juta jiwa. Sedangkan di 2017 turun menjadi 26,58 juta jiwa.

“DPR dan pemerintah juga sudah setuju memperluas jangkauan penerima Program Keluarga Harapan dan Rastra dari 6 juta menjadi 10 juta keluarga. Selain itu, yang tak kalah penting untuk diperhatikan dalam penyaluran PKH dan Rastra merupakan ketepatan sasaran, jumlah dan waktu bagi penerimanya,” katanya.

Bambang Soesatyo bersama Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham menyerahkan bantuan PKH dan Rastra kepada masyarakat Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

PKH senilai Rp 140 miliar dibagikan kepada 74.226 penerima manfaat, sedangkan Rastra senilai Rp156 miliar diserahkan kepada 118.235 keluarga. Bamsoet meyakini kedua bantuan sosial itu dapat meningkatkan tingkat hidup warga.

“Program Keluarga Harapan dan bantuan sosial Rastra dimaksudkan untuk membantu mengurangi beban pengeluaran keluarga, sekaligus meningkatkan investasi masa depan melalui peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan anak-anak,” ujarnya.