S.U.P Yoga, Tren Yoga Di Atas Papan Seluncur

0
124

Yoga masih jadi salah satu olahraga yang digemari oleh banyak orang, baik sejak beberapa abad yang lalu sampai sekarang. Saking banyak peminatnya, yoga pun akhirnya dilakukan dengan banyak variasi.

Salah satunya adalah Stand Up Paddle Yoga atau biasa disingkat dengan SUP Yoga dilakukan di atas papan seluncur. Tren SUP Yoga muncul pada 2013 lalu dan langsung mengglobal.

Biasanya penggiat SUP Yoga melakukannya di atas permukaan air yang tenang, seperti danau dan pantai. Berbagai ukuran papan seluncur bisa digunakan dan bahkan sekarang sudah ada papan seluncur khusus yoga.

Instruktur yoga asal Los Angeles, Dice lida-Klein, menyebutkan bahwa SUP Yoga lebih baik daripada tipe-tipe yoga lainnya. Lantaran melakukan SUP Yoga sangat menantang; kamu harus menyelaraskan keseimbangan tubuhmu.

“Bagian tengah tubuhmu harus bekerja agar kamu tetap seimbang dan terapung. Kamu mesti berusaha lebih keras dan lebih fokus pada airnya,” kata Dice, seperti dikutip dari Huffington Post.

Saat kita melakukan yoga studio bisa dengan menggunakan karpet di lantai, sangat sedikit ruang untuk melakukan kesalahan. Metode SUP Yoga yang out-of-the-box akan mengajarkanmu lebih dari sekedar yoga dan membuatmu jadi orang yang tidak mudah menyerah.

S.U.P Yoga, Tren Yoga di Atas Papan Seluncur

Ini dikarenakan bagi pemula dalam olahraga ini biasanya sering jatuh dan berikutnya akan merasa takut jatuh. Kemungkinan akan jatuh memang besar, tetapi memberikan cukup adrenalin pada olahragamu untuk membuatmu terus fokus dan termotivasi.

“Semakin cepat kamu terbiasa jatuh ke dalam air, semakin baik yang kamu rasakan dan juga akan semakin mudah,” imbuh Dice.

Ditambah lagi dengan suara air yang menenangkan bisa membuatmu lebih rileks. Sangat dianjurkan untuk mengusir stres yang kerap terjadi dalam aktifitasmu sehari-hari.

“Kecuali kamu orang yang adrenalin junkie, mungkin susah buatmu untuk keluar dari rutinitas atau mencoba hal yang tidak kita kuasai. Ngapain melakukan sesuatu yang sudah pasti akan gagal? Tapi itu penilaian dan ketakutanmu yang berbicara, persis seperti tujuan yoga sebenarnya yang membantu kita untuk melepaskan hal tersebut,” tutur Marlynn Wei, MD, JD, psikiater dan instruktur yoga dari Rhode Island.

Masih banyak lagi sederet manfaat dari yoga yang keren ini, dan jelas tidak bisa kamu temukan dengan hanya melakukan yoga studio. Seperti melatih pernapasan dengan menghirup udara segar, memasok vitamin D ke dalam tubuhmu dari sinar matahari, dan tak ada yang mengalahkan rasa kalem saat dikelilingi oleh alam.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan jika ingin mengikuti kelas SUP Yoga adalah kamu setidaknya tahu bagaimana caranya berenang. Dengan kemungkinan berkali-kali akan jatuh ke dalam air, jika kamu bisa berenang akan cukup menolongmu.