Keindahan Pantai Baron Di Gunung Kidul Jogjakarta

0
128
Lokasi Pantai Baron Gunung Kidul Jogjakarta – Salah satu kabupaten di Jogjakarta yakni gunung kidul memang terkenal sebagai surganya wisata pantai di daerah Jogjakarta, banyak sekali nama – nama pantai yang berasal dari gunung kidul yang terkenal sebagai tujuan wisata seperti pantai slili, pantai kukup, dan yang akan kita bahas kali ini yakni pantai baron.
Pantai baron gunung kidul Jogjakarta merupakan salah satu pantai dari deretan pantai di gunung kidul yang memiliki keunikan serta keindahan yang tidak di miliki oleh pantai – pantai lainnya, walaupun pemandangan alamnya tidak seindah pantai indrayanti tetapi jangan salah  pantai baron tetap memiliki peminat setia yang datang berkunjung.

Salah satu keunikan dari pantai baron yaitu adanya 2 jenis air yaitu air laut dan air sungai atau tawar yang mengalir langsung ke pantai, uniknya di sini setiap beberapa tahun sekali  akan menyaksikan di mana air sungai akan mengalir membelah pasir pantai ke arah timur dan mengalir ke laut.

Selain keunikan yang di milikinya pantai baron ternyata memiliki sejarah penamaannya, di mana nama pantai baron di ambil dari seorang bangsawan asal belanda yang bernama Baron Skeber di ceritakan sebagai orang sakti yang menawan panembahan senopati kesultanan mataram oleh dirinya.

Baron Skeber pernah di kenal sebagai orang yang sudah melabuhkan di sebuah teluk yang mana memiliki pasir pantai coklat kehitaman yang mana sekarang bernama pantai baron ini, sampai sekarang nama pantai baron masih melekat di masyarakat sekitar.
Seperti pantai – pantai lainnya di gunung kidul pantai baron pun tidak lepas dari misteri ataupun mitos yang beredar, para nelayan dan warga pesisir pantai baron pun mempercayai bahwa adanya ratu pantai selatan. Maka dari itu pada setiap tanggal 1 sura akan di adakannya upacara laut atau sedekah laut sebagai ucapan syukur atas rezeki dan keberkahan yang di berikan tuhan.
Keindahan Pantai Baron Di Gunung Kidul Jogjakarta

Mengesampingkan mengenai mitos dan sejarahnya memang wisata pantai baron gunung kidul ini layak untuk di jadikan tujuan wisata, dengan keunikan yang milikinya dan pemandangan alamnya yang indah sangat cocok banget buat yang ingin mencari spot berlibur baru di gunung kidul ini.

Lokasi Pantai Baron Gunung Kidul Jogjakarta
Untuk lokasi pantai baron sendiri beralamat di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta. kurang lebih 60 kilometer dari pusat kota Jogjakarta waktu perjalanan kira – kira 90 menit arus lalu lintas lancar.

Rute Lokasi Pantai Baron Gunung Kidul Jogjakarta

Untuk rute menuju pantai baron bisa gunakan rute berikut, jika menggunakan kendaraan pribadi dari Jogjakarta kota arahkan saja ke wonosari, dari sini akan menemukan petunjuk arah lalu bisa ikuti saja sampai menuju lokasi.

Namun jika menggunakan transportasi umum, dari terminal giwangan pilihlah bus yang ke arah jogja- wonosari, lalu di lanjutkan naik minibus yang menuju pantai baron.