Mengintip Keindahan Stalaktit dan Stalakmit Goa Ngalau Indah

0
59

Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, adalah Goa Ngalau Indah. Di sini Anda tidak hanya dapat menelusuri keindahan bentuk stalaktit dan stalakmit di dalam gua, tetapi juga bentangan alam Kota Payakumbuh yang hijau yang dikelilingi bukit-bukit.

Pengelola Goa Ngalau Indah dari Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh, Zulfa Indra menjelaskan, gua awalnya merupakan tempat warga mengumpulkan kotoran kelelawar untuk digunakan sebagai pupuk pertanian. Tetapi, pesona keindahannya, yang sayang jika terabaikan, membuat pemerintah mengubah gua ini menjadi tempat wisata.

“Akhirnya pada tahun 1984 diresmikan oleh Gubernur Azwar Anas. Dahulu sekelilingnya masih hutan alami,” ujar Zulfa.

Mengintip Keindahan Stalaktit dan Stalakmit Goa Ngalau Indah

Untuk menikmati keindahan Goa Ngalau Indah, Anda cukup mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000. Di hari libur serta akhir pekan, biayanya sebesar Rp7.000. Dengan biaya yang murah meriah, Anda bebas mengeksplorasi isi gua dan alam sekitarnya.

Zulfa mengatakan, ada tujuh titik daya tarik dari Goa Ngalau Indah, yaitu Batu Gong yang menyerupai bentuk lonceng, Batu Gajah, Batu Ibu Menangis, Batu Tirai Pengantin, Batu Payung, Batu Tetesan Air Mata, dan Batu Kelambu. Seperti namanya, batu-batu tersebut sekilas memang menyerupai bentuk namanya.

Mengintip Keindahan Stalaktit dan Stalakmit Goa Ngalau Indah

Saat memasuki gua sepanjang 100 meter dan tinggi 60 meter ini Anda akan diiringi dengan nyanyian burung-burung liar, yang ada di hutan di sekitarnya. Tetapi, bersiaplah menahan bau menyengat dari kotoran kelelawar yang menyelimuti beberapa sudut gua.