8 Destinasi Wisata Di Sekitar Magelang Yang Wajib Dikunjungi

0
111

Apakah Anda merayakan Waisak di Borobudur? Jika iya, setelah prosesi Waisak Anda wajib mengunjungi Magelang.

Kota di Jawa Tengah ini terkenal dengan iklim yang sejuk dan suasana tenang.

Berikut ini delapan destinasi wisata di sekitar Magelang.

Punthuk Setumbu, Magelang, Jawa Tengah

1. Punthuk Setumbu

Kurang afdol jika ke Magelang tidak mengunjungi Punthuk Setumbu. Inilah lokasi melihat matahari terbit terbaik di Magelang.

Suasananya begitu magis kala pagi, diselimuti kabut tipis tampak siluet Candi Borobudur dan barisan pepohonan yang lebat.

Tidak heran Punthuk Setumbu menjadi tempat syuting “Ada Apa dengan Cinta? 2”. Di dekat Punthuk Setumbu juga ada Gereja Burung atau dikenal juga Gereja Ayam.

Lokasi Punthuk Setumbu berada di Jalan Borobudur Ngadiharjo.

 Taman Dewari di Dusun Kradenan Kalikuning, Desa Baturono, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (16/2/2018).(KOMPAS.com/IKA FITRIANA)
Taman Dewari di Dusun Kradenan Kalikuning, Desa Baturono, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

 

2. Kebun Bunga Matahari

Taman Dewari Taman Dewari banyak disambangi oleh pecinta fotografi dan selfie. Wisata yang terbilang baru ini dubuka pada Februari 2018 oleh Beta Zainal Amirin.

Bersama keluarga ia gemar berburu spot selfie, dan akhirnya berinisiatif menanam bunga matahari di kebun milik keluarga.

Ada 8.000 bibit pohon bunga matahari yang ditanam di lahan seluas 2.800 meter persegi.

Lokasi Taman Dewari berada di Dusun Kradenan Kalikuning, Desa Baturono, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sekitar 10 kilometer dari Taman Wisata Candi Borobudur.

3. Rumah Kamera, Desa Majak Singgi

Rumah berbentuk kamera DSLR ini terletak Di Desa Majak Singgi. Selain desain yang unik, bangunan ini juga berisi galeri lukisan sang maestro pemilik rumah tersebut.

Pengunjung bisa berfoto diatas puncak lensa yang menjadi puncak bangunan tersebut.

Dari sana juga terlihat pemandangan Candi Borobudur yang begitu menawan.

4. Desa Wisata Wanurejo

Masyarakat di Desa Wanurejo masih memegang teguh adat kebudayaannya. Mulai dari kebudayaan Nyadran sampai kirab budaya Merti Desa atau bersih desa/sedekah bumi dari upacara adat Saparan.

Selain tradisi, kesenian dan kerajinannya juga hidup. Mulai dari kerajinan kayu, bambu, batik, fiber, dan kerajinan lainnya bisa ditemui di beberapa titik di Wanurejo.

Uniknya di desa ini, terdapat sembilan dukuh yang memiliki atraksi wisata tersendiri. Dijamin tidak akan bosan mengunjungi desa ini.

Dusun Barepan misalnya, di sana wisatawan bisa menikmati wisata pertanian dan perikanan serta wisata kerajinan kayu.

Sedangkan di Dusun Soropadan, wisatawan bisa menikmati alunan musik bambu Arumba.

 Kopi Dusun Kerug Batur, Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (30/1/2018).(KOMPAS.com/Ika Fitriana)
Kopi Dusun Kerug Batur, Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

 

5. Dusun Kerug Batur

Apakah Anda pecinta kopi? Jika iya, cobalah sowan ke Dusun Kerug Batur, Desa Majaksingi. Dusun yang terletak di lereng Pegunungan Menoreh ini memiliki tanaman kopi yang berlimpah.

Kopi robusta menjadi ciri khas daerah ini.

Datanglah dan nikmati kopi, camilan, sekaligus suasana desa yang masih sangat asri di Dusun Kerug batur.

6. Air Terjun Kedung Kayang

Magelang juga punya air terjun cantik, bernama Air Terjun Kedung Kayang. Lokasinya berada di Desa Wonolelo, perbatasan Magelang dan Boyolali.

Dengan tinggi 40 meter, air terjun ini memiliki debit air yang cukup besar. Lokasinya sudah tercatat di peta digital.

Selain Air Terjun Kedung Kayang, Magelang juga punya Air Terjun Grenjengan Kembar, Air Terjun Sekar Langit, Air Terjun Sumuran, Air Terjun Ngesong, dan Curug Lawang Kori.

 Masjid Al Mahdi, bergaya mirip Kelenteng, di komplek Perumahan Armada Estate, Kota Magelang, awal Juni 2017.(Kompas.com/Ika Fitriana)
Masjid Al Mahdi, bergaya mirip Kelenteng, di komplek Perumahan Armada Estate, Kota Magelang

 

7. Masjid Al-Mahdi

Masjid ini memiliki desain unik dengan ornamen khas Tionghoa. Berhias lampion, tiang, dan menara yang dicat warna merah terang.

Masjid Al-Mahdi adalah simbol toleransi umat beragama di Magelang. Berasal dari warga Tionghoa yang mewakafkan tanahnya untuk membangun masjid.

Masjid Al-Madhi berada di Perumahan Armada Estate RT 02/02, Jalan Delima Raya No 42, Kelurahan Kramat Utara, Kota Magelang.

8. Top Selfie Pinus Kragilan

Ini adalah tempat wisata selfie di Magelang dengan pemandangan hutan pinus.

Berada di Pogalan, Pakis, dan sudah dilengkapi berbagai anjungan serta fasilitas lain untuk kenyamanan pengunjung yang ingin berfoto ria.