Pasar Properti RI Alami Penyesuaian Selama Ramadan

0
102

Sepanjang Ramadan tren pasar properti tercatat alami penyesuaian. Kondisi tersebut hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya lantaran didorong oleh lonjakan harga barang jelang Lebaran.

Tercatat pada periode Ramadan 2016, yang dimulai pada awal Juni 2016 dan berakhir di awal Juli 2016, tren pasar properti menurun pada kuartal ketiga. Selanjutnya, pada periode Ramadan 2017, yang dimulai pada akhir Mei 2017 dan berakhir di akhir Juni 2017 (kuartal kedua), penyesuaian juga terjadi pada kuartal ketiga.

Pasar Properti RI Alami Penyesuaian Selama Ramadan

Country Manager Rumah.com, Merine Novita mengatakan, selama tiga tahun terakhir, Ramadan berlangsung pada Mei-Juni dan Juni-Juli. Pada periode tersebut, terlihat tren menurun yang seragam.

“Dalam periode Ramadan dua tahun terakhir terdapat penurunan seragam, namun tidak terlalu besar. Masih di bawah satu persen. Hal ini diprediksi juga akan terjadi pada 2018,” ujar Merine dalam keterangan tertulisnya, Kamis 31 Mei 2018.

Meski secara keseluruhan alami penyesuaian, tetapi ada beberapa kawasan yang tercatat stabil. Kawasan itu yaitu pasar properti Jakarta dan Banten yang terlihat tetap stabil sepanjang periode Ramadan.

Sementara itu, wilayah-wilayah lain mengalami penurunan pada pada periode Ramadan dibandingkan kuartal sebelumnya, seperti Bali (1,9 persen), Jawa Timur (1,4 persen), dan Jawa Barat (1 persen).

“Trennya diprediksi masih akan sama. Jakarta dan Banten yang masih akan tetap kuat, sementara wilayah-wilayah lain akan mengalami sedikit penurunan, pada kisaran 1-2 persen,” kata Marine.