Ternyata, Pemeriksaan Retina Ibu Selama Hamil Bisa Prediksi Kesehatan Janin

0
101

Menjaga kesehatan janin sudah menjadi tanggung jawab ibu selama hamil. Mulai dari menjaga makanan, menjaga kegiatan fisik sampai pemeriksaan kesehatan rutin oleh ibu untuk mencegah serangan penyakit.

Salah satu cara mengetahui perkembangan janin sehat di dalam kandungan ternyata juga bisa dilakukan dari pemeriksaan retina mata ibu selama hamil. Dilansir dari Channel News Asia pada Rabu, 4 Juli 2018, penelitian yang dilakukan di Singapura menemukan bahwa pembuluh darah retina yang abnormal, tidak hanya berhubungan erat dengan hipertensi, tapi juga berkaitan dengan stroke dan gangguan kardiovaskular.

Adapun penelitian yang disebut GUSTO (Growing Up in Singapore Towards Healthy Outcomes) ini melibatkan observasi pada 1.200 orang wanita yang tengah mengandung, sudah melahirkan, dan menjalani tahun-tahun awal kehidupan balita yang diminta untuk melakukan fotografi retinal selama kehamilan, untuk memprediksi kemungkinan perkembangan seorang bayi.

Ternyata, Pemeriksaan Retina Ibu Selama Hamil Bisa Prediksi Kesehatan Janin

Peneliti di Singapore Eye Research Institute, Dr. Queenie Lie mengatakan, “Kami berusaha menggunakan teknologi ini untuk menilai munculnya risiko kardiovaskular pada ibu, bersamaan dengan penilaian risiko lain untuk memberitahu ibu apakah Anda harus melakukan latihan lebih, atau harus menjalani pola diet sehat untuk memastikan bahwa mereka akan memiliki pertumbuhan janin lebih baik.”

Tentunya penemuan ini bisa menjadi inovasi pelengkap pemindaian konvensional semacam ultrasound untuk melihat kesehatan janin di dalam kandungan.