Benarkah Golongan Darah Tentukan Kepribadian Seseorang?

0
36

Ada banyak kepercayaan mengenai karakter seseorang yang dikaitkan dengan golongan darah. Misalnya yang popular di Jepang, tipe golongan darah A yang disebut sensitif dan perfeksionis. Sementara B cenderung ceria, AB yang misterius, dan O yang penuh rasa keingintahuan.

Bahkan, banyak juga pertanyaan terkait golongan darah yang muncul saat interview pekerjaan, menurut Terumitsu Maekawa, profesor perbandingan agama di Tokyo’s Asia University dan penulis sejumlah buku tentang golongan darah.

“Kita bisa mengetahui beberapa kecenderungan umum sebuah golongan, tapi kamu tidak bisa menentukan apakah orang tersebut baik atau tidak berdasarkan golongan darah,” katanya seperti ditulis BBC.

Menurut risetnya secara empiris, ia menemukan bahwa golongan darah dominan dapat menentukan keyakinan agama dan norma-norma yang ada di tengah masyarakat.

Benarkah Golongan Darah Tentukan Kepribadian Seseorang?

Di negara barat misalnya, golongan darah O dan A membentuk hampir 85 persen orang di sana. Akan tetapi di India dan Asia, tipe B mendominasi. Jepang sendiri cukup berbeda sendiri di Asia lantaran memiliki lebih banyak variasi golongan darah.

Sementara Masako, seorang wanita di Jepang memiliki golongan darah yang cukup jarang di sana, yakni AB. Ia pun mengaku banyak orang yang kesulitan memahaminya dan menyebut dia sebagai sosok yang aneh.

“Orang kebanyakan tidak suka denganku. Mereka pikir aku aneh dan asing. Banyak orang bilang mereka tidak paham apa yang aku pikirkan,” ungkap Masako.