Jembatan Emas, Destinasi Baru Yang Megah Dan Canggih Di Bangka Belitung

0
151
Jembatan Emas, Destinasi Baru Yang Megah Dan Canggih Di Bangka Belitung

Kamu pasti pernah mendengar London Brigde kan? Yup, London Brigde adalah objek wisata bersejarah yang ada di Kota London, Inggris.

Hal ini dikarenakan adanya bangunan-bangunan bersejarah seperti tower, jembatan, dan menara yang ada di sana. Salah satu yang mencuri perhatian adalah jembatannya bisa terbelah dua dan terangkat ketika ada kapal melintas.

Tetapi, sekarang tidak perlu jauh-jauh untuk dapat merasakan kecanggihan jembatan tersebut. Pasalnya, di Indonesia, tepatnya di Kepulauan Bangka Belitung, terdapat jembatan yang dikenal dengan sebutan Jembatan Emas.

Jembatan yang memiliki panjang 720 meter dengan lebar 24 meter ini akan menghubungkan kota Pangkal Pinang menuju Pantai Timur Bangka.

Jembatan Emas, Destinasi Baru Yang Megah Dan Canggih Di Bangka Belitung

Diketahui bahwa di Pulau Bangka dan Belitung terdapat banyak destinasi wisata yang menarik, sehingga pembangunan di sektor transportasi harus selalu dilakukan.

Dilansir dari akun twitter Kemenhub RI, pada hari ini, Rabu (25 Juli 2018) Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya tengah meninjau lokasi jembatan emas.

Lokasi jembatan emas ini berada tidak jauh dari Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, sehingga sangat dimungkinkan untuk menarik wisatawan.

Jembatan dengan sistem bascule atau buka tutup tersebut sudah mulai dioperasikan sekitar bulan Agustus 2017 lalu.

Sejak mulai beroperasi, jembatan emas langsung mencuri perhatian publik, hal ini terlihat dari banyaknya orang yang berswafoto di sana.

Jembatan Emas, Destinasi Baru Yang Megah Dan Canggih Di Bangka Belitung

Oleh sebab itu, jembatan yang memiliki biaya operasional kisaran Rp 60 juta per bulan ini bisa dijadikan sebagai icon wisata.

Menhub Budi juga meminta masyarakat untuk lebih memberdayakan destinasi wisata di daerah sekitar Jembatan Emas.

Meski jembatan Emas ini sudah beroperasi, masih belum diresmikan karena peresmian harus dilakukan oleh Gubernur Provinsi Bangka Belitung.

Hal ini mengingat jembatan emas ini dikelola langsung oleh Pemerintah Daerah dengan didukung dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Namun demikian, Rencana peresmian jembatan emas tersebut akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.