Benarkah Wanita Gemuk Saat Hamil Lebih Rentan Diabetes?

0
158
Benarkah Wanita Gemuk Saat Hamil Lebih Rentan Diabetes?

Diabetes gestasional merupakan kondisi tingginya gula darah saat masa kehamilan berlangsung. Ini biasanya rentan terjadi pada usia kehamilan 24 minggu ke atas. Saat kehamilan berlangsung, tubuh seorang wanita memang lebih rentan alami diabetes. Karena, berbagai perubahan di masa kehamilan memicu gangguan terhadap insulin.

“Perubahan kondisi kehamilan melalui hormon maupun psikis, membuat resistensi insulin lebih buruk. Hal itu mengakibatkan sensitifitas insulin menurun,” ujar Spesialis Penyakit Dalam dr. Wismandari Sp.PD-KEMD, dalam acara RS Pondok Indah, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis 25 Oktober 2018.

Padahal, lanjut Wisma, insulin bekerja untuk menurunkan gula darah di dalam tubuh. Kondisi ini pun lebih rentan dialami bagi mereka yang memiliki riwayat diabetes gestasional atau juga bertubuh gemuk.

“Orang gemuk saja tanpa hamil, sudah mengalami resistensi insulin. Ditambah hormon estrogen dan progesteron meningkat saat hamil, sensitifitas insulin jauh menurun,” terang Wisma.

Benarkah Wanita Gemuk Saat Hamil Lebih Rentan Diabetes?
Benarkah Wanita Gemuk Saat Hamil Lebih Rentan Diabetes?

Namun pada wanita yang memiliki kondisi tubuh cenderung sehat dan tidak gemuk, diabetes di saat hamil memang lebih jarang terjadi. Sehingga, Wisma menegaskan pentingnya bagi kaum wanita untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar sebelum masa kehamilan berlangsung.

“Kalau di awal wanita tersebut sudah sehat dalam artian insulin bekerja dengan baik, nah saat hamil dan ada perubahan hormon, tubuh masih bisa kompensasi perubahan itu,” jelas Wisma.