5 Penyakit yang Bisa Diprediksi dari Kondisi Tangan Anda

0
22

Saat tubuh mengalami masalah, maka akan ada gejala yang ditimbulkan. Ini bisa dilihat dari kondisi mulut, mata, kulit, bahkan sampai ke tangan Anda. Jika Anda merasakan keanehan atau perubahan pada tangan, Anda patut curiga dengan beberapa penyakit tertentu. Penasaran penyakit apa saja yang bisa diprediksi dari kondisi tangan Anda? Yuk, simak ulasannya berikut ini

Penyakit yang bisa dideteksi dari kondisi tangan

Beberapa penyakit yang bisa dilihat dari kondisi dan kesehatan tangan Anda, antara lain:

Diprediksi dari Kondisi Tangan Anda
Diprediksi dari Kondisi Tangan Anda

1. Tangan gemetar tanda penyakit Parkinson

Terlalu banyak minum kopi, mengonsumsi obat-obat asma atau antidepresan, dan kelelahan bisa membuat tangan Anda gemetar. Namun, jika tangan Anda gemetar tanpa alasan yang jelas bahkan terjadi saat Anda sedang beristirahat, Anda perlu waspada.

Kemungkinan besar kondisi tersebut menjadi gejala penyakit Parkinson. Selain tremor, penyakit parkinson akan menimbulkan gejala lain, seperti kekakuan otot dan gerakan tubuh yang lebih lambat dari biasanya, kemampuan menulis dan berbicara menurun, dan sulit menjaga keseimbangan tubuh.

2. Kulit dan kuku pucat tanda anemia

Semua jenis anemia dapat menyebabkan perubahan warna kulit dan kuku Anda jadi lebih pucat, Kenapa? Anemia menandakan bahwa tubuh tidak dapat memproduksi darah merah yang kaya akan oksigen dengan baik. Tidak tercukupinya kebutuhan sel darah merah membuat wajah sampai kuku jadi pucat.

Selain perubahan warna kulit tangan dan kuku, anemia menimbulkan gejala lainnya seperti tubuh mudah lelah, muncul memar pada kulit, mudah terluka dan darah sulit membeku, serta kram kaki.

3. Telapak tangan merah tanda penyakit hati

Telapak tangan yang memerah bisa terjadi ketika tangan Anda menekan atau tertekan sesuatu dalam waktu yang lama. Namun, bisa juga menjadi gejala penyakit hati, yaitu sirosis hati. Kondisi memerahnya telapak tangan disebut juga dengan palmar eritrema.

Selain palmar eritrema, bintik darah yang disebut purpura juga bisa muncul. Bintik ini berwarna merah keunguan seukuran jarum pentul, terbentuk akibat protein dalam darah menggumpal karena cuaca dingin dan memblokir aliran darah.

4. Ujung jari menggelembung tanda penyakit paru dan jantung

Clubbed nails adalah bentuk kuku yang menonjol atau menggelembung di bagian ujungnya. Menggelembungnya ujung jari disebabkan oleh kadar oksigen yang rendah dalam darah. Kelainan bentuk kuku jari ini dapat disebabkan oleh berbagai penyakit, umumnya penyakit paru dan jantung.

5. Ujung jari membiru tanda fenomena Raynaud

Ujung jari yang berubah warna kebiruaan bisa menandakan fenomena Raynaud. Fenomena Raynaud adalah berkurangnya aliran darah ke jari tangan, kaki, ujung hidung, atau telinga.

Selain perubahan warna, kondisi ini dapat menimbulkan gejala mati rasa atau muncul sensasi ditusuk-tusuk benda tajam. Awalnya warna kulit normal berubah menjadi putih, dalam beberapa saat kemudian membiru ddan terasa dingin.

Ketika sirkulasi darah sudah kembali membaik, area kulit yang dingin menjadi lebih hangat. Warna kulit pun akan kembali normal.

Sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter untuk cari tahu mana yang menjadi masalah Anda setelah melihat kondisi tangan, juga solusi pengobatannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here