Kutipan Pidato Bung Karno yang Menggelegar

0
189
Kutipan Pidato Bung Karno yang Menggelegar

Menyebut sosok pahlawan bagi Indonesia, tidak bisa dipisahkan dari nama Soekarno. Bersama dengan pahlawan lainnya, proklamator sekaligus presiden pertama RI itu adalah sosok penting yang membawa negeri ini bebas dari jajahan Belanda.

Sebagai pemimpin besar revolusi, Bung Karno terkenal memiliki kemampuan pidato yang luar biasa. Tak heran julukan Singa Podium melekat pada Putra Sang Fajar.

Berikut kutipan pidatonya yang membakar semangat. Semoga menginspirasi ya.

Kutipan Pidato Bung Karno yang Menggelegar

“Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku satu pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”.

“Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956)

“Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.”

“Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 November 1961)