MENYELAMATKAN EKONOMI RAKYAT, PROGRAM AKSI INDONESIA ADIL DAN MAKMUR

0
125
MENYELAMATKAN EKONOMI RAKYAT, PROGRAM AKSI INDONESIA ADIL DAN MAKMUR

Menyelamatkan Ekonomi Rakyat untuk Membangun Perekonomian Nasional yang Tangguh, Berdaulat, Adil dan Makmur.

1. Menyelenggarakan politik pembangunan yang mengutamakan rakyat (people centered development) melalui penyusunan anggaran pro-rakyat, kebijakan
ekonomi pro-penciptaan lapangan kerja, kebijakan fiskal yang melonggarkan daya beli masyarakat, kebijakan subsidi yang mendorong kemampuan produksi, serta pembangunan infrastruktur pertanian dan perdesaan yang mendukung berkembangnya sektor produktif di seluruh penjuru tanah air.

2. Membangun kembali industri manufaktur nasional berbahan baku lokal sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi komoditas-komoditas dalam negeri dan mampu mengembangkan industri rakyat.

3. Melakukan dekonsentrasi pembangunan melalui proses industrialisasi pertanian dan perdesaan sehingga tercipta pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru yang tersebar untuk mengurangi kesenjangan antara kota-desa, pedalaman-pesisir, serta Jawa-luar Jawa.

4. Mengurangi ketergantungan impor barang modal dengan membangun kembali industri strategis nasional yang bisa memproduksi barang-barang modal.

5. Menyelamatkan sektor perdagangan rakyat dengan melindungi dan melakukan modernisasi pasar tradisional, mendorong dan mendukung lahir serta
berkembangnya koperasi pasar rakyat, memberdayakan UMKM, serta mendorong tumbuh dan berkembangnya moda koperasi di semua lini ekonomi rakyat.

6. Meningkatkan kualitas pertumbuhan ekonomi dengan memperkecil angka kesenjangan, meningkatkan pendapatan per kapita penduduk Indonesia, dan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

7. Meningkatkan alokasi anggaran untuk program pembangunan pertanian, kehutanan, perikanan, kelautan, peternakan, koperasi dan UMKM.

8. Menghentikan kebocoran kekayaan negara di bidang sumber daya alam dengan meningkatkan nilai tambah bahan ekspor, membangun industri pengolahan bahan mentah, smelter, penyulingan minyak, sehingga bisa memberikan nilai tambah lebih besar untuk kemajuan perekonomian nasional.

MENYELAMATKAN EKONOMI RAKYAT, PROGRAM AKSI INDONESIA ADIL DAN MAKMUR
MENYELAMATKAN EKONOMI RAKYAT, PROGRAM AKSI INDONESIA ADIL DAN MAKMUR

9. Menghentikan kebocoran kekayaan negara dari trade misinvoicing (perbedaan pencatatan pembukuan dalam aktivitas perdagangan) ekspor kita.

10. Menjadikan BUMN sebagai benteng pertahanan ekonomi nasional sekaligus sebagai alat bagi negara untuk bisa mengintervensi pasar dan perekonomian.

11. Mendorong perbankan nasional untuk memberikan prioritas penyaluran kredit bagi petani, peternak, nelayan, buruh, pegawai, UMKM, dan pedagang tradisional lainnya.

12. Meningkatkan daya beli buruh dan masyarakat serta meningkatkan upah minimum dengan mencabut PP Nomor 78 Tahun 2016 dan menambah jenis barang dan jasa kebutuhan hidup layak yang menjadi dasar upah minimum.

13. Revisi jaminan pensiun Nomor 45 Tahun 2015 berupa besaran iuran dan manfaat bulanan yang diterima oleh pekerja buruh.

14. Menghentikan perbudakan modern berkedok outsourcing, dan mengutamakan WNI dibanding WNA dalam pembukaan lapangan pekerjaan baru.

15. Menjadikan Indonesia sebagai pusat pengembangan perbankan syariah dan industri kreatif muslimah dunia.

16. Mendorong pertumbuhan industri startup berbasis inovasi yang akan membuka lapangan kerja baru bagi rakyat.

17. Menyediakan transportasi publik murah bagi pekerja buruh dan rakyat tidak mampu dan kepastian hukum untuk kendaraan roda dua sebagai transportasi umum, serta menjamin hak berserikat bagi pengemudi ojek online yang menjadi mitranya serta hak atas perjanjian kerja bersama.

18. Mengelola utang Pemerintah secara lebih bijak, dengan menghentikan praktik utang untuk bayar bunga utang, utang untuk membayar biaya rutin, dan utang yang tidak berbasis proyek.