Sandiaga : Tak Perlu Dijadikan Pertandingan Masalah Debat Nanti

0
35

Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengatakan dirinya tidak mau terpancing didalam kontroversi debat Pilpres 2019. Menurut Sandi, hakikat debar Capres cawapres bukanlah tentang ada dan tiadanya contekan pertanyaan.

Dikutip Selasa (08/01/19) Saat ditemui di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Sandiaga mengatakan persepsinya. “Kita tidak ingin menjadikan debat ini sebagai sarana saling menjatuhkan, saling gontok-gontokan. Karena waktu di Pilkada 2014, Pilpres 2014, maupun Pilkada 2017, yang saya mengikutinya debat itu diisi dengan konsepsi seperti cepat-tepat, cerdas-cermat, dan lomba menghafal singkatan-singkatan,” ucapnya.

Sandi menjelaskan bahwa dirinya menginginkan debat diisi dengan pendalaman visi-misi para paslon. Tak hanya itu, ide-ide kedua belah pihak haruslah diujarkan sehingga nampak bagaimana kedua pihak dapat menyaksikan serta dapat menanggulangi persoalan bangsa.

“Menyajikan diferensiasi tentang apa yang ingin dihadirkan pasangan Jokowi dan Kiai Ma’ruf dengan apa yang ditawarkan Prabowo-Sandi kepada rakyat Indonesia. Ini lho bedanya,” jelas Sandiaga.

“Karena saya turun di beberapa daerah itu, jangankan visi-misi Prabowo-Sandi, visi-misi Pak Presiden saja mereka (rakyat) tidak mengerti,” sambungnya.

Setelah itu, Sandiaga menceritakan pengalamannya saat tengah melakukan debat Pilgub DKI 2017 silam. Cawapres nomor urut 02 itu membagi perhatiannya untuk seluruh pendukung yang datang di debat tersebut.

Sandiaga : Tak Perlu Dijadikan Pertandingan Masalah Debat Nanti
Sandiaga : Tak Perlu Dijadikan Pertandingan Masalah Debat Nanti

“Saya tidak ingin waktu keadaan di DKI seperti dua suporter itu saling serang-menyerang, itu waktu tiga (pasangan calon) bingung sekali, masing-masing punya yel-yel sendiri. Dua (pasangan calon) sama, makin kisruh. Saya sampai susah untuk melihat waktu. Waktu itu seperti ditutup-tutupi oleh para suporter dari kubu sebelah. Saya tidak ingin itu terjadi,” kisah Sandiaga.

“Saya ingin debat itu sangat-sangat terhormat, bukan seperti menonton pertandingan gulat atau tinju. Tapi ini adalah gagasan yang disampaikan, visi-misi dan pendalaman,” pungkas Sandiaga.

Seperti itulah yang dikatakan Sandiaga tak kala mengomentari perkara contekan pertanyaan debat yang dibocorkan oleh KPU. Dirinya meminta agar hal tersebut menjadi sebuah pertandingan gulat maupun tindu. Sandi menghimbau agar nantinya debat berjalan sesuai dengan damai dan tertib.