Sandiaga Uno Beri Dukungan Untuk Para Pembuat Sepatu Di Cibaduyut

0
176

Jakarta – Mantan wakil gubernur DKI Jakarta yang saat ini menjadi calon wakil presiden no urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno, berkunjung ke salah satu sentral industri sepatu Cibaduyut yang berlokasi di Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota Bandung, pada 23/01/2019. Di ketahui, memang kawasan tersebut adalah salah satu sentral pembuat sepatu yang ada di Kota Bandung.

Di dalam sambutannya tersebut, Sandi mengungkapkan, bahwa pada saat ini pembuat sepatu Cibaduyut merasakan guncangan dalam hal penghasilan. Sebab, impor sepatu dari luar negeri pada saat ini telah sangat besar, hal tersebut memang menjadi akibat dari penghasilan para pembuat sepatu Cibaduyut yang merendah sampai mencapai angka 40 persen.

“Kita lihat tadi curhatan mereka bagaimana perajin sepatu Cibaduyut dihantam penghasilnnya oleh impor. Ini mengkibatkan omzet mereka turun hingga 40 persen,” ungkapnya.

Sandi menjelaskan, dampak dari impor yang melewati batas tersebut, menyebabkan sekitar 254 pembuat sepatu dan lebih dari 2000 lapangan pekerjaan di sentral sepatu Cibaduyut menjadi kritis. Maka dari itu, Sandi mengajak para pembuat sepatu Cibaduyut untuk melakukan ekspor, hanya saja saat ini mereka kesulitan untuk mendapatkan bahan baku.

“Kita harus mendorong perajin sepatu Cibaduyut untuk ekspor, apalagi pasarnya sudah ada di timur tengah, hanya saja selama ini yang menjadi kesulitan adalah bahan baku,” jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut pasangan capres-cawapres no urut 02 itu mendeskripsikan dua hal di dalam membentangkan usaha alas kaki Cibaduyut dengan menaikkan kemampuan para pembuat dengan melalui pelatihan.

Sandiaga Uno Beri Dukungan Untuk Para Pembuat Sepatu Di Cibaduyut
Sandiaga Uno Beri Dukungan Untuk Para Pembuat Sepatu Di Cibaduyut

“Pertama melindungi dan berpihak kepada pelaku dan pengusaha usaha alas kaki Cibaduyut serta meningkatkan ekspor. Itu dua hal yang ingin didorong Prabowo Sandi bagi para pelaku dan pengusaha sepatu di Cibaduyut,” tuturnya.

Sebelum melakukan kunjungan tersebut, calon presiden no urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno sempat melakukan olahraga dengan berlari pagi bersama-sama dengan Komunitas Runner Bandung dari Hotel Santika, Bandung. Hotel tersebut merupakan tempat Sandi untuk bermalam menuju kawasan Monju Bandng, yang berlokasi di Dipati Ukur.

Dengan melakukan kunjungan tersebut, di harapkan jika nantinya pasangan calon presiden dan wakil presiden no urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno terpilih, dapat menghentikan impor yang dapat merugikan para pelaku usaha di Indonesia.