BPN Ungkap Tidak Ada Dana Sumbangan Fiktif Di Prabowo-Sandi

0
133
BPN Ungkap Tidak Ada Dana Sumbangan Fiktif Di Prabowo-Sandi (wartaportal.com)

Jakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia mengharapkan penjelasan yang berkaitan dengan dana kampanye dari kedua kubu calon presiden dan wakil presiden. Baik dari kubu Petahana ataupun kubu Indonesia Adil dan Makmur

Tim pasangan calon presiden dan wakil presiden no urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno sangat bersemangat datang untuk menjelaskan laporan dan kampenye. Sebab, mereka merasa saat ini telah sangat terbuka dalam perolehan dan pemanfaatan dana kampanye. Hal itu di sampaikan oleh Bendahara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Thomas Djiwandono, pada 8/2/2019.

“Kami dari BPN sangat menjunjung tinggi azas transparasi. Kami melaporkan apapun dan berapapun yang disumbangkan masyarakat tanpa ditutup-tutupi,” kata Thomas Djiwandono.

Dia menjelaskan, bahwa timnya selalu rutin untuk menyatakan kepada masyarakat di setiap bulannya di Media Center Prabowo-Sandi.

“Kami juga rutin menyampaikan ke masyarakat setiap bulannya di media center Prabowo-Sandi,” jelasnya.

Thomas menegaskan, bahwa sumbangan dana yang di sumbangkan oleh masyarakat untuk perjuangan pasangan calon presiden dan wakil presiden no urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno selama ini tidak ada yang palsu.

“Apalagi bersumber dari kejahatan apapun maupun dan hasil korupsi. Kami pastikan ini tidak ada,” tegasnya.

Di dalam kesempatan tersebut, Thomas pun menyebutkan, salah satu hambatan timnya dalam pelaporan dana kampanye. Yaitu, terkait dengan syarat mencantumkan NPWP serta KTP ke para penyumbang.

BPN Ungkap Tidak Ada Dana Sumbangan Fiktif Di Prabowo-Sandi (wartaportal.com)
BPN Ungkap Tidak Ada Dana Sumbangan Fiktif Di Prabowo-Sandi (wartaportal.com)

“Ini karena kebanyakan penyumbang kami rakyat kecil. Mereka banyak yang belum punya NPWP. Sumbangan mereka hanya di kisaran puluhan ribu Rupiah,” ujar Thomas.

Dia melanjutkan, maka dari itu, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi sampai saat ini masih mengerjakan konfirmasi dan kemudian menindaklanjuti untuk menanyakan KTP serta NPWP masyarakat yaang memberikan sumbangan dan juga dana itu.

“Sesuai ketentuan apabila identitas penyumbang tidak diketahui hingga akhir masa kampanye maka komitmen BPN untuk mengembalikan ke Kas Negara sesuai aturan KPU,” tambah Thomas Djiwandono.

Dengan bantuan yang di berikan oleh masyarakat di harapkan dapat membantu untuk meringankan pasangan calon presiden dan wakil presiden no urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Dan juga semoga pasangan capres-cawapres no urut 02 ini dapat memenangkan Pilpres 2019 mendatang.