Seperti Tema Debat Keempat, KPU Undang Panglima TNI Dan Kapolri

0
148
Seperti Tema Debat Keempat, KPU Undang Panglima TNI Dan Kapolri (wartaportal.com)

Jakarta – Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) di dalam Debat Pilpres 2019 keempat serta debat capres kelima telah di putuskan untuk tidak menghadirkan menteri Kabinet Kerja. Ketika di tanya, Wahyu Setiawan selaku Komisioner KPU mengungkapkan, biarpun tidak menghadirkan menteri, tetapi KPU menghadirkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, serta Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Hal itu di sampaikan oleh Wahyu pada (30/3/2019).

“Di debat keempat ini KPU mengundang Panglima TNI dan Kapolri, karena memang temanya itu keamanan,” ungkap dia.

Dia menjelaskan, jika menteri Kabinet Kerja masih di perbolehkan untuk datang di dalam debat keempat. Apabila, kedatangan tersebut di undang oleh salah satu paslon.

“Jadi bukan berarti para menteri tidak boleh hadir. Para menteri boleh hadir apabila diundang TKN atau BPN. Tapi KPU tidak mengundang menteri,” jelas dia.

Sedangkan untuk tamu undangan, KPU telah menyediakan 500 undangan. Dengan detail, sebanyak 100 tamu undangan akan hadir dari tim Petahana serta untuk tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi sebanyak 100 tamu undangan. Kemudian untuk sisanya yakni 300 undangan di berikan untuk KPU dalam menghadirkan tamu undangan.

Seperti Tema Debat Keempat, KPU Undang Panglima TNI Dan Kapolri
Seperti Tema Debat Keempat, KPU Undang Panglima TNI Dan Kapolri (wartaportal.com)

“Jadi 300 undangan itu adalah undangan dari KPU,” tutur dia.

Hanya untuk menjadi informasi, di dalam debat keempat yang akan di lakukan hari ini pada (30/3/2019) dan berlokasi Hotel Shangri La, di mulai dari pukul 20.00 WIB. Di dalam debat kali ini juga hanya akan mempertemukan kedua Capres. Dan juga akan mengangkat tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, juga hubungan internasional.

Sebelum itu, Pramono Ubaid Tanthowi selaku Komisioner KPU menyatakan, jika di dalam debat keempat serta kelima nanti akan lebih mementingkan untuk menghadirkan akademisi dari perguruan tinggi serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berhubungan dengan materi debat.

Dia juga menyebut, bahwa hal tersebut telah di setujui oleh kedua tim kampanye paslon. Dan juga kesepakatan tersebut telah ada sebelum di lakukannya debat ketiga pada (17/3/2019) lalu.

“Kalau untuk yang keempat kemungkinan ditiadakan, KPU lebih mengutamakan mengundang perguruan tinggi atau kelompok masyarakat,” tutup Pramono Ubaid Tanthowi.