Inilah Jadwal Pelaksanaan Debat Pilpres 2019 Putaran Kelima

0
39

Jakarta – Tidak terasa, hanya tinggal beberapa hari lagi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 akan berlangsung. Juga yang paling di pentingkan yakni Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Sebagai Penutup sebelum di langsungkannya pemungutan suara, yakni digelarnya debat Pilpres terakhir atau debat kelima pada (13/4/2019) hari ini.

Menurut jadwal debat kelima ini akan di berlokasi di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta dan akan di mulai pada pukul 20.00 WIB. Di dalam berlangsungnya debat capres kelima 2019 akan memperlihatkan kepiawaian dari kedua pasangan capres-cawapres kubu Petahana dengan Prabowo-Sandi.

Debat kelima Pilpres 2019 ini akan mengangkat tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri. Debat Pilpres 2019 ditayangkan secara langsung di  empat stasiun nasional yakni TV, yaitu TVOne, ANTV, Berita Satu, serta Net TV.

Menjelang di langsungkannya debat kelima Pilpres 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menunjuk dua orang yang menjadi moderator untuk memandu jalannya debat terakhir ini. Balques Manisang serta Tomy Ristanto yang di tunjuk menjadi moderator debat kelima Pilpres 2019. Keduanya adalah seorang jurnalis senior.

Balques Manisang di ketahui merupakan pembawa acara di TVOne, sementara Tomy Ristanto adalah pembawa acara berita di NET TV. Bukan hanya keduanya, KPU bersama dua tim kampanye para paslon, TKN dan BPN menyetujuo beberapa pembawa acara yang juga dari profesi jurnalis.

Mereka yang dipilih yakni pembawa acara saat off air, yaitu Amie Ardhini dari Beritasatu TV dan Andromeda Mercury dari TVOne. Pembawa acara di wall of fame, yakni Nadia Soekarno dari NET TV serta Rudy Andanu dari Beritasatu TV.

Ada juga pembawa acara saat konferensi pers, yaitu Reza Firmansyah Ismail dari Beritasatu TV juga Tysa Novenny dari ANTV. Bukan hanya itu, KPU pun sudah menunjuk 10 orang untuk menjadi calon panelis yang akan menyusun beberapa pertanyaan pada Pilpres 2019. Mereka berasal dari kalangan praktisi beberapa NGO serta akademisi berbagai universitas yang berasal di wilayah Indonesia Timur. Hal itu di sampaikan oleh Komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2019).

“Ini yang perlu diketahui. Sampai dengan saat ini, kami belum menentukan panelisnya itu siapa saja. Ini baru tahapan konfirmasi.” ungkap Wahyu.

“Dari konfirmasi itu sudah ada hasilnya mereka bersedia atau enggak,” sambungnya.

Inilah Jadwal Pelaksanaan Debat Pilpres 2019 Putaran Kelima
Inilah Jadwal Pelaksanaan Debat Pilpres 2019 Putaran Kelima (wartaportal.com)

Wahyu menilai, jika timnya berniat menggandeng 11 panelis. Namun demikian, dari sebelas orang nama yang KPU hubungi, baru ada 10 orang yang telah mengonfirmasi.

“Jadi rencananya panelis itu jumlahnya 11. Satu orang masih kita konfirmasi, yang 10 sudah menyatakan bersedia,” tutur Wahyu Setiawan.

Di bawah ini adalah sepuluh nama panelis debat kelima Pilpres 2019 :

1. Rektor dari Universitas Airlangga, Prof Muhammad Nasih

2. Guru Besar FEB Universitas Tanjungpura, Prof Eddy Suratman

3. Dosen FEB UIN Syarif Hidayatullah, Dr Muhammad Arief Mufraini

4. Dekan FEB Universitas Diponegoro, Dr Suhartono

5. Dekan FEB Universitas Sam Ratulangi, Dr Herman Karamoy

6. Dekan FEB Universitas Udayana, Dr I Nyoman Mahaendra Yasa SE MSi

7. Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Dr Harif Amali Riva’i

8. Guru Besar ITB, Prof Dr Ir Dermawan Wibisono

9. Dosen Community Development Unika Soegijapranata Semarang, Tukiman Taruno Sayoga PhD

10. Direktur Eksekutif Indonesia Global Justice (IGJ), Rahmi Hertanti.